Bhabinkamtibmas Desa Hampalit Kembali Aktifkan Posko PPKM

Criminalnews_ Polres Katingan – Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) berbasis mikro bertujuan untuk menekan penyebaran virus dan meningkatnya kasus COVID-19. Dengan PPKM skala mikro di tingkat kelurahan/desa, pengawasan akan lebih fokus dan penanganan bisa lebih cepat.

Dalam PPKM mikro ini, Babinsa dan Bhabinkamtibmas merupakan garda terdepan dalam melakukan pemantauan di masyarakat guna memastikan program tersebut berjalan dengan baik. Tak hanya itu, Bhabinkamtibmas Desa Hampalit Aipda Noor Hendra juga menjadi penggerak dan mengajak stakeholder terkait untuk melakukan pendisiplinan terhadap masyarakat di desa binaannya, kegiatan tersebut di pusatkan di Posko PPKM yang sebelumnya telah didirikan.

“Posko penanganan Covid-19 di tingkat desa diperlukan sebagai sarana dalam upaya pengendalian pandemi Covid-19 agar lebih tepat sasaran di tingkat mikro, kita mulai aktifkan kembali jaga posko PPKM berbasis mikro sesuai arahan dari pimpinan, saya berharap peran serta dan semangat untuk petugas yang berjaga di posko kembali digelorakan”, kata Aipda Noor Hendra. Rabu (31/3/2021) Siang

Kapolres Katingan AKBP Andri Siswan Ansyah, S.I.K., M.H melalui Kapolsek Katingan Hilir Iptu Eko Priono, S.H., M.H menjelaskan bahwa posko penanganan Covid-19 atau Posko PPKM di desa memiliki empat aspek penting yakni pencegahan, penanganan, pembinaan dan pendukung.

“Aspek pencegahan terdiri sosialisasi, penerapan 3M (memakai masker, menjaga jarak dan mencuci tangan) serta pembatasan mobilitas.Aspek penanganan mengimplementasikan 3T (testing, tracing, dan treatment), hingga penanganan dampak ekonomi lewat bantuan langsung tunai (BLT) desa. Aspek pembinaan berupa upaya penegakkan disiplin dan pemberian sanksi.Lalu, aspek pendukung yang terdiri pencatatan dan pelaporan, dukungan komunikasi, serta logistik”, jelas Kapolsek.(isn/4b)