Peringati Hari Bhayangkara Ke-75, Pejabat Utama Polres Katingan Ikuti Upacara Pencucian Pataka Secara Virtual

Criminalnews.net – Bag SDM Polres Katingan jajaran Polda Kalteng – Kepolisian Resor Katingan ikuti upacara pencucian Pataka “Siaga Dharma Bhakti” yang diikuti oleh seluruh Pejabat Utama Polres Katingan dengan tetap mengutamakan Protokol Kesehatan, yang dilaksanakan di Aula Bhayangkara Polres Katingan, Rabu (23/6/2021) pagi.

Kapolres Katingan AKBP Andri Siswan Ansyah, S.I.K., M.H. melalui Kabag SDM Polres Katingan Kompol Suratno, mengatakan upacara pencucian Pataka tersebut dilaksanakan secara serentak dalam lingkup Kalimantan Tengah yang terhubungkan secara virtual dengan Polda Kalteng, yang dipimpin oleh Kapolda Kalteng Irjen. Pol. Dr. Dedi Prasetyo, M.Hum., M.Si., M.M. dengan didampingi oleh seluruh Pejabat Utama Polda Kalteng.

Menurutnya, upacara tersebut diselenggarakan bertujuan untuk memperingati Hari Bhayangkara ke-75 sehingga kegiatan tersebut wajib dihadiri oleh seluruh Pejabat Utama Polda Kalteng maupun Polres jajaran Polda Kalteng.

“Upacara pencucian Pataka ini merupakan tradisi yang memiliki simbol pemulihan nilai-nilai luhur yang terkandung dalam Pataka Siaga Dharma Bhakti”, pungkasnya.

Perwira melati satu di pundak tersebut menambahkan tradisi pencucian Pataka ini juga merupakan rangkaian pembinaan tradisi Polri dalam rangka Hari Bhayangkara ke-75 yang diperingati setiap tanggal 1 Juli.

“Pencucian Pataka ini merupakan simbol yang mengingatkan bahwa kita (Polri) adalah lembaga tempat bekerja, mengabdi untuk masyarakat dan Negara, jadi sebagai anggota Polri wajib menjaga Marwah Institusi,“ tutupnya.

(Red.4b)